Terima Kasih "Alay"

Dah lama ga posting akhirnya saya muncul lagi... Bukan apa-apa misalnya seperti sibuk, tugas, ngelembur ataupun apa-apa lainnya. Cuma saya agak sedikit shock setalah dua buah blog saya kena banned sama Si Mbah Gugel. Alasannya saya juga belum tau. Akhirnya saya pun bertapa mencari dimana letak kesalahan blog saya (bukan kesalahan saya *ngeles). Tapi jagat pertapaan dunia maya yang penuh dengan belantara bandwidth ini saya rasa tidak mungkin untk dijangkau, ya udahlah... Saya ikhlaskan saja. Lagipula dengan ikhlas hati pun menjadi lapang, jiwa menjadi tenang, penglihatan menjadi terang dan piring pecah pun tetap krommpyangg... Beuhh... *masih agak kesal dikit. Okay, back to ikhlas... Tarik nafas dalam-dalam... Lepaskan pelan-pelan... Kembali jernihkan pikiran...

Nahh..baik... adapun Alay yang saya maksud di atas adalah sebuah kekaguman pada sebuah sistem keamanan. Guess what..?? Ada yang tau..?? Okelah kalo begono... Begini sobat semuanya. Keamanan yang saya maksud adalah keamanan akun-akun sobat di dunia maya ini, misalnya di Fesbuk, Tuitter, Prenster, email dan bahkan akun Blogger sobat.

Apa hubungan aman dengan alay..?? Nah, ini yang menarik. Banyak pemilik akun, terutama akun Fesbuk (contoh kasus yang sering terjadi belakangan lho yaaa...) yang sering kecolongan karena akunnya kena hack hingga dibanned sama Dek Mark Zuckenberg, (secara saya lebih tua dikit dari dia, makanya panggil Dek) karena dianggap melanggar TOS-nya Fesbuk. Bisa jadi karena mengikuti grup-grup klonengan yang memberikan janji-janji muluk kayak juru kampenye pemilu bahwasanya dengan mengikuti grup tersebut, bisa mendapatkan teman dalam waktu yang sangat cepat. Kemudian diarahkan mengikuti petunjuk bapak presiden grup tersebut untuk melakukan langkah tertentu yang ujung-ujungnya adalah menjerumuskan pemilik akun untuk menyerahkan passwordnya secara sukarela kepada pemilik grup klonengan tersebut...

Alhasil bocorlah akunnya dan kecewalah dengan sukarela. Saran saya, ga usah ikut grup kayak gitu hanya demi mendapatkan ribuan teman dalam sekejap, yang akhirnya cuma berujung kekecewaan yang penuh penyesalan... (ayo dangdutan...). Yang jelas itu merupakan bentuk gamblang dari phising berupa pencurian data pribadi di dunia maya. Cari teman yang alami aja, walaupun itu di dunia maya. Mungkin ini warning yang agak basi tapi tetap harus diulang-ulang karena makhluk-makhluk iseng itu selalu punya cara untuk mengembangkan kejahatannya.

Saya punya trik agak konyol tapi mudah-mudahan ampuh untuk menjaga rahasia serta keamanan sobat terutama dalam penggunaan password. Seperti yang sudah sering diperingatkan, agar tidak menggunakan informasi pribadi yang kita miliki sebagai password. Jadilah orang yang kreatif dalam mengamankan yang patut diamankan. Salah satu bentuknya dengan menggunakan password ala Alay (kali ini khusus password aja), caranya saya yakin sebagian besar sobat sudah tahu. Contoh;

53or4nG m4Lin9 t3rT4nGk4P nY4nGkuT D1 p4g4R k4r3n4 g4g4L m3l4Rik4N d1r1

Rumit tapi cukup efektif dan semoga gampang diingat... hihihi... Kira-kira sekian tips password Alay dari saya agar dapat menjadi contoh kreatifitas sobat dalam mengamankan akun tercinta milik sobat. Untuk pengembangan, silakan berkreasi dengan cara sobat sendiri. Sangat diharapkan saran dan komentnya bagi yang punya ide yang lebih ekstrim lagi. Oiya... silakan terjemahkan contoh di atas dengan baik yaaa...

NB:
Sengaja saya buat contoh tersebut dengan mem-Bold-kannya karena katanya Bold itu juga penting untuk optimasi SEO, apa iya..?? saya juga gak begitu paham tentang SEO, tapi mudah-mudahan Googlebot, Spiderbot, Transformer atau robot apalah namanya gak mual-mual meng-crawl contoh yang saya buat di atas...

Semoga ide alay ini memberikan sedikit manfaat...
Serta tidak lupa;
Terima Kasih "Alay", walaupun ku tak tahu seperti apa wujud nyatamu yang sebenarnya...
Pesan Tiket Online Murah
PayTren E-Money - Aplikasi Pembayaran Dari Smartphone Anda
.